10 Cara Mempercepat Pengisian / Isi Ulang Baterai Android
cara-cepat-isi-baterai-android

10 Cara Mempercepat Pengisian / Isi Ulang Baterai Android

cara-cepat-isi-baterai-android
By Daffa Ardhan

Cara Cepat Isi Baterai Android – Penggunaan smartphone tidak terlepas dari fungsi baterai. Benda ini harus ada tetap menyala agar smartphone bisa tetap digunakan. Ketika baterai sudah lemah, maka baterai perlu diisi ulang. Namun kita terkadang menginginkan baterai bisa lebih cepat terisi penuh agar bisa segera digunakan lagi.

Ada banyak cara yanag bisa kita lakukan agar pengisian baterai bisa lebih cepat penuh. Berikut 10 Cara Mempercepat Pengisian / Isi Ulang Baterai Androidyang dapat anda lakukan.

 

1. Aktifkan Mode Pesawat

Salah satu sumber tertinggi yang menguras baterai adalah penggunaan jaringan seluler dan data internet. Jadi untuk sementara waktu, aktifkan mode pesawat agar pengisian baterai lebih cepat.

Namun memang kita harus mengerti karena dengan melakukan mode pesawat kita tidak bisa membuka berbagai aplikasi chatting dan menerima sinyal telepon dan sms.

2 Gunakan Charger yang Asli

Alangkah lebih baik jika kita tidak menggunakan charger abal-abal yang banyak dijual di konter dengan harga yang lebih murah. Gunakan saja charger asli dengan merk atau tipe yang sama dengan hp kita. Jangan tergoda membeli charger palsu karena itu sangat berpengaruh pada kecepatan pengisian baterai.

3. Charge HP langsung dari Sumber Listrik

Pengisian baterai akan lebih cepat terisi bila menggunakan sambungan listrik langsung dari sumber listriknya seperti pada stop contact. Memang diperbolehkan mengisi melalui laptop, tapi pengisian akan sedikit lebih lambat daripada mengisi baterai pada sambungan lisrik stop contact.

4. Pakai HP Android yang Mendukung Fitur Fast Charging

Sudah ada beberapa vendor smartphone yang menyediakan fitur fast charging dimana pengisian baterai diklaim bisa mencapai lebih dari 80% hanya dalam waktu 1 jam saja. Kita bisa mencari sendiri di internet beberapa smartphone yang telah menggunakan fitur menarik ini.

5. Letakan HP di Tempat yang Tidak Menyeram Panas

Selama melakukan proses charging, jangan letakan smartphone di tempat yang panas atau menyeram panas. Tidak disarankan untuk meletakannya di atas kasur, bantal, logam, atau besi. Lebih baik jika meletakan hp di atas meja kayu atau jika tidak ada, letakan saja diatas buku yang tebal.

6. Coba Kalibrasikan Baterai

Penggunaan baterai dalam jangka waktu yang lama dapat menurunkan performa baterai. Terkadang baterai tidak akan memperlihatkan level keakuratan hp yang asli jika sudah terlalu lama digunakan.

Ini berpengaruh juga pada seberapa lama proses charging dilakukan. Mungkin saja charging yang kita lakukan sebenarnya belum mencapai 100 persen karena keakuratan baterai yang telah menurun. Sebulan sekali lakukan kalibrasi baterai agar performanya bisa membaik.

 

7. Matikan Smartphone Pada Saat Mengisi Daya

Jika mengaktifkan mode pesawat sudah cukup mempercepat pengisian baterai, maka mematikan hp atau smartphone akan memperlihatkan hasil yang lebih baik. Dengan mematikan smarphone dipercaya akan memfokuskan proses charging dan tentu dapat membuat baterainya jauh lebih cepat terisi.

8. Jangan Gunakan Smartphone Saat di Charge

Coba diamkan smartphone kita selama pengisian baterai dilakukan. Jangan tergoda untuk memainkan hp seperti membuka aplikasi, games, menyalakan musik atau memutar video sambil pengisi baterai karena itu akan membuat proses charging akan jauh lebih lama.

9. Gunakan Charger Tablet

Biasanya adapter charger dari tablet lebih kuat dalam pengisian daya. Beberapa smartphone android dapat menerima daya yang besar dari charger tablet sehingga pengisian bisa lebih cepat.

Tapi yang perlu jadi catatan adalah jangan gunakan charger tablet setiap hari. Lakukan sesekali saja jika sedang darurat karena jika dilakukan terlalu sering dikhawatirkan bisa mengurangi kualitas batertai android kita.

10. Gunakan aplikasi penghemat baterai

Penggunaan aplikasi ini cukup membantu mempercepat pengisian baterai karena fungsinya dalam menutup otomatis beberapa aplikasi yang menyala, mematikan beberapa peranagkat yang tidak digunakan dan memaksimalkan pengisian. Ada beberapa aplikasi yang di sarankan seperti aplikasi Fast Battery Charging, Fast Charging, atau Quick Charger.

Itulah 10 Cara Mempercepat Pengisian / Isi Ulang Baterai Android yang bisa segera kamu praktekan pada smartpone yang kita punya. Selamat mencoba!