5 Cara Membuka HP / Smartphone Android yang Lupa Sandi & Lupa Pola

Cara Membuka HP yang Lupa Sandi
4.8 / (5)

Bagaimana Cara Membuka HP Lupa Pola Atau Kata Sandi? – Kasus ini sering sekali kita didapati pada smartphone android atau HP android. Sebab penggunaan pola atau sandi memang cukup membantu kita dalam mengamankan smartphone dari tangan – tangan jahil yang secara diam – diam meminjam smartphone kita. Namun apa jadinya jika dalam kita membuat sandi, kita lupa dan kita tidak bisa membukanya. Nah, di sini kami akan membahas cara tepat membuka smartophone yang lupa sandi atau pola.

Namun sebelumnya kita harus sedikit mempunyai wawasan yang luas tentang smartphone. Memang di akui dengan menggunakan pola atau sandi pada smartphone kita, maka kita akan merasa aman. Data yang kita miliki bisa di sembunyikan. Namun ada kalanya kita sendiri bisa lupa akan sandi atau pola yang kita buat. Maka dari itu kami akan memberikan beberapa cara membuka smartphone yang lupa kata sandi atau pola.

Berikut 5 Cara Membuka Smartphone Yang Lupa Sandi

1. Factory Reset.

Perlu di ketahui, sistem ini hanya akan bekerja pada smartphone yang di jalankan pada OS Android Kitkat ke bawah. Cara yang pertama kali ini adalah dengan menggunakan Factory Reset caranya dengan menekan tombol volume atas dan tombol power. Namun dengan cara ini anda akan kehilangan data yang ada di smartphone anda, sebab Factory Reset  merupakan langkah pengembalian sistem ke pabrikan atau bisa di sebut reset perangkat lunak.

2. Lewat Android Device Manager.

Jika anda ragu dan tidak setuju dengan cara yang pertama di atas. Anda bisa menggunakan cara yang kedua ini. Caranya adalah menggunakan sistem Android Device Manager langkah pertama yang harus di tempuh adalah membuka Android Device Manager lewat web dari smartphone lainnya atau laptop. Lalu login dengan email yang anda gunakan dalam smartphone dan HP yang anda gunakan.

Setelah sukses masuk ke Android Device Manager di layar akan muncul Ring, Lock dan Erase. Langkah yang harus anda tempuh adalah dengan cara menekan tombol Lock. Setelah sukses membuat pasword baru, langkah berikutnya adalah anda segera hidupkan smartphone anda dan masukan pasword baru tersebut. Dengan ini maka proses pembukaan sandi yang lupa akan bisa kembali terbuka dan anda bisa kembali menggunakan smartphone anda.

3. Lewat Samsung Find My Mobile.

Perangkat ini sama seperti namanya Samsung Find My Mobile, di aman yang bisa di atasi adalah smartphone yang bermerek Samsung saja. Jadi cukup di sayangkan selain Samsung maka tidak bisa menggunakan perangkat ini. Langkah yang di kerjakan adalah membuka Link Find My Mobile lewat website resmi samsung.

Setelah terbuka maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Setelah sukses membuka maka silahkan login di akun yang ada di kolom yang di sediakan. Namun jika sebelumnya anda belum pernah membuat akun samsung di smartphone anda, maka sistem ini tidak akan bekerja. Masuk pada tombol Lock My Screen, setelah masuk anda akan di minta memasukan sandi baru dan secara otomatis akan membuka sandi anda.

4. Lewat ADB / USB Debugging.

Sistem yang satu ini bisa di katakan sedikit rumit. Sebab sistem ini akan bekerja jika anda sebelumnya sudah mengaktifkan ADB di smartphone yang terkunci. Jika smartphone anda belum mengaktifkan sistem ini maka akan sulit untuk di gunakan sistem ADB / USB Debugging ini.

Langkah pertama hubungkan smartphone anda dengan komputer atau laptop dengan menggunakan kabel data yang spesifik. Selanjutnya buka command prompt di smartphone anda, setelah itu akan muncul tulisan seperti di bawah lalu tekan enter.

adb shell rm /data/system/gesture.key

Perlu di ketahui, langkah ini hanya akan bertahan beberapa saat saja, maka setelah terbuka segeralah membuat sandi baru dan hafalkan sandi tersebut.

5. Lewat Crash Lockscreen.

Cara mengatasi smartphone yang lupa sandi berikutnya adalah dengan menggunakan crash Lockscreen. Cara ini hanya bisa di gunakan bagi anda yang mempunyai smartphone berjalan dalam sistem OS Android 5.1 Lolipop saja. Selain itu jangan berharap sistem ini bisa bekerja dengan baik.

Langkah pertama adalah buat panggilan darurat yang keluar pada layar, gunakan antar muka dealer dan masukan 10 tanda bintang pada kolom, kopi ke 10 bintang tersebut. Langkah berikutnya paste bintang di kolon\m itu sampai muncul dua karakter. untuk ini sebaiknya lakukan berulang kali sampai batas maksimal.

Selanjutnya kembali ke layar utama dan geser layar ke posisi kamera pilih tombol setting dan lakukan hal yang sama yakni paste bintang yang sudah di copy sampai layar akan crash. Hal ini memungkinkan anda bisa mengakses kembali smartphone anda dan ubah sandi anda.