5 Fitur Media Sosial yang Ternyata Hasil Tiruan
5 Fitur Media Sosial yang Ternyata Hasil Tiruan

5 Fitur Media Sosial yang Ternyata Hasil Tiruan

5 Fitur Media Sosial yang Ternyata Hasil Tiruan
By Daffa Ardhan

Fitur Keren Aplikasi Media Sosial yang Ternyata Hasil Tiruan – Perkembangan media sosial terus mengalami perubahan yang signifikan. Media sosial banyak melakukan inovasi-inovasi baru agar tidak ditinggal pengguna dan berusaha untuk tidak tersingkir dari kompetitornya.

Hal yang paling menjadi andalan adalah fitur-fitur keren yang bisa semakin memanjakan pengguna media sosial. Terutama terdapat pada aplikasi-aplikasi chatting yang terus mengalami pembaruan fitur. Akan tetapi, fitur dikembangkan ternyata bukan berasal dari ide yang original.

Tidak adanya aturan tentang hak cipta membuat antara satu media sosial dengan media sosial lainnya saling meniru fitur-fitur andalannya. seperti apa fitur yang berhasil ditiru? Berikut 5 fitur media sosial yang ternyata hasil tiruan:

1. Fitur Stories Snapchat Ditiru Instagram

Fitur Stories merupakan fitur yang menggabadikan momen foto maupun video dalam tampilan slideshow. Kemudian foto dan video tersebut akan hilang dalam waktu 24 jam. Fitur ini jauh lebih dulu digunakan oleh Snapchat dan menjadi daya tarik sendiri yang membedakannya  dengan aplikasi lain.

Namun, sejak Agustus 2016, fitur ini diadaptasi oleh Instagram dengan nama yang sama. Setelah itu, dikabarkan bahwa pengguna Instagram melonjak naik dan diduga banyak pengguna Snapchat yang kemudian beralih ke Instagram.

Bahkan dengan ditirunya fitur ini saham Snapchat sempat anjok sampai 1,25 persen setelah tersiar kabar bahwa jumlah pengguna Instagram Stories menyaingi pengguna Snapchat.

2. Fitur Editing Snapchat yang ditiru facebook

Ini bukan yang pertama kali Facebook meniru fitur Snapchat. Beberapa fitur sudah ada yang pernah ditiru oleh Facebook seperti fitur Poke dan Faceswap.

Kini Facebook pun merilis sebuah fitur baru bernama Messenger Camera dimana kita bisa memoles foto selfie kita dengan efek-efek tertentu dan menuliskan tulisan serta stiker lucu. Fitur ini mirip dengan fitur Snapchat yang jauh lebih dulu ada dan banyak digunakan oleh penggunanya.

3. Fitur Tanpa Batasan Waktu Instagram yang ditiru Snapchat

Seperti balas dendam terhadap Instagram, Snacphat memperbaiki fitur Snap atau pesan unggahan yang dulu terbatas hanya sampai 10 detik saja. Namun kini, pengguna bisa melihat pesan orang lain tanpa batasan waktu.

Fitur ini sebenarnya sudah lama digunakan Instagram yang tidak menerapkan batasan durasi baca pada setiap penerimaan pesan dari pengguna lain.

4. Fitur Skype Highlights tiru Snapchat

Snacphat menjadi aplikasi langganan yang banyak ditiru oleh pesaingnya. Setelah Facebook dan Instagram, Skype pun ternyata meniru Snapchat dengan kemampuan menggeser layar kamera untuk memotret foto atau video.

Bedanya, kita bisa menggunakan fitur cerdas cortana ketika menulis kata-kata “Lol” atau “cant wait”. Kita juga bisa memadukan kombinasi teks, banner, emoji dan template sesuai pilihan kita.

5. Whatsapp tiru fitur ‘pin’ Pinterest

Dalam fitur ini, pengguna Whatsapp dapat menamcapkan atau menandai setiap chat yang dirasa penting dan ingin dibuka lain waktu. Misalnya ketika orang lain mengirim kita sebuah chat berupa foto menarik, kita bisa melakukan ‘pin’ agar chat tersebut tidak tenggelam dengan chat lainnya. fitur ini sebelum sudah menjadi fitur andalan bagi aplikasi Pinterest.

Itulah 5 fitur aplikasi media sosial yang ternyata hasil tiruan dari aplikasi media sosial lain. Sebagai pengguna, tentu kita selalu menginginkan fitur yang terbaik pada setiap media sosial yang kita gunakan.

Keberadaan fitur keren, terlepas hasil meniru atau tidak, yang pasti fitur-fitur ini dapat membantu dan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengguna media sosial.