5 Tips Memilih Hard Disk / HDD External Terbaik dan Berkualitas

5-Tips-Memilih-Hard-Disk-HDD-External-Terbaik-dan-Berkualitas
By Daffa Ardhan
4.5 / (4)

Memilih Hardisk External Yang bagusĀ  – Penggunaan hardisk ekternal kini banyak digunakan banyak orang. Selain karena lebih fleksibel dan bisa dibawa kemana-mana, hardisk external juga bisa jadi backup seluruh file untuk meminimalisir bila sewaktu-waktu laptop atau PC yang kita gunakan rusak atau tidak berfungsi. Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan agar hardisk yang kamu pilih berkualitas atau tidak abal-abal.

5 Tips Memilih Hardisk External

 

1. Kecepatan Rotasi

Kecepatan rotasi merupakan kecepatan perputaran dari piringan yang terdapat pada hard disk. ini sangat perlu dipertimbangan sebelum kita membeli hardisk external yang baru. Mengapa menjadi penting? Karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan baca tulis datanya. semakin cepat rotasi atau perputarannya, maka akan semakin baik kinerjanya.

Kita bisa mengecek pada kemasan atau tanya pada penjual hardisk external mengenai rotasi / kecepatan putaran hardisk external. Kecepatan minimal rotasi yang baik berada pada kecepatan 7200 rpm atau lebih.

 

2. Konektivitas USB

Terdapat 3 jenis konektivitas dalam hardisk external yaitu pertama, USB 2.0 yang memiliki tranfer data 480 mbps. Kedua, USB 3.0 dengan transfer data hingga 5 gbps. Ketiga, Post Thunderbolt dengan kecepatan transfer data sapai 10 gbps.

Dari ketiganya tentu Thunderbolt jadi yang paling di rekomendasikan untuk kita pilih. Hanya saja tentu harganya paling mahal dibandingkan dengan yang lainnya. Jika uang yang kita punya tidak besar, paling tidak kita bisa memilih hardisk yang koneksinya USB 3.0 agar kineja hardisk bisa berjalan maksimal.

 

3. Perusahaan yang Memproduksinya

Kualitas hardisk external di pasaran sebetulnya relatif sama karena produksinya dibuat oleh 2 perusahaan yang sama yaitu dari WDS dan HGST. Merk-merk hardisk yang selama ini kita kenal juga diproduksi dari 2 perusahaan tersebut.

Jika kita mempertimbangkan harga yang lebih murah, maka belilah hardisk external dari pabrikan HGST. Tapi kekurangannya desain dari produk HGDT tidak variatif, tidak ada pilihan warna, hanya berbentuk kotak dan tidak memiliki bawaan software khusus.

Sebaliknya, jika kita ingin hardisk exterknal yang lebih keren, stylist, terdapat software bawaan dan tidak begitu mempertimbangkan harga yang relatif mahal, maka cobalah hardisk exterknal yang berasal dari WDS.

 

4. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Penggunaan hardisk sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kita sekarang.karena jika kita membeli dengan ukuran sangat besar tapi penggunaan memorinya sedikit maka akan mubazir dan buang-buang uang saja kan?

Jika ingin dijadikan sebagai back file yang ada di PC atau laptop, maka hardisk external dengan ukuran 500 GB sudah cukup. Akan tetapi, jika hardisk external akan dimasuki oleh koleksi ribuan film dan berbagai software games besar, maka dibutuhkan hardisk dengna ukuran 1 TB bahkan lebih.

 

5. Ada Garansi

Setelah membeli hardisk external, kita tidak tahu apa hardisk dapat bertahan lama atau mungkin ada kecacatan dalam produk sehingga hardisk tidak beroperasi optimal. Oleh sebab itu, pastikan hardisk external yang telah dibeli terdapat garansinya karena dengan begitu kita akan mersa aman karena sudah diberikan jaminan dari toko atau distributornya agar kita tidak menyesal di kemudian hari jika sewaktu-waktu hardisk externalnya rusak tanpa sebab.

Itulah 5 cara memilih Hardisk External Terbaik dan Berkualitas. Dengan cara diatas diharapkan kita bisa lebih selektif sebelum membelinya karena barang yang telah kita beli tentu harus memiliki kualitas yang baik dan meberikan kepuasaan sehingga kita bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.