7 Cara Hemat Kuota Internet atau Data di Android
7 Cara Hemat Kuota Internet atau Data di Android

7 Cara Hemat Kuota Internet atau Data di Android

7 Cara Hemat Kuota Internet atau Data di Android
By Daffa Ardhan

Cara Hemat Kuota Internet Android – Kuota Internet menjadi hal yang paling dibutuhkan jika kita ingin bersosial media atau browsing di internet. Akan tetapi, kuota internet punya batasan penggunaan tergantung pada seberapa besar kuota yang ada pada paket internet.

Dalam memanfaatkan kuota internet, terkadang kita secara tidak sadar bisa menghabiskan kuota yang besar hanya dalam waktu beberapa hari saja. Itu disebabkan karena terlalu lama mengakses jaringan internet dan terlalu sering membuka situs yang memerlukan kuota yang besar seperti situs Youtube.

Kuota yang cenderung boros tentu bisa merugikan kita karena mau tidak mau kita harus membeli lagi paket internet tambahan dan jelas kita harus mengeluarkan uang kedua kalinya untuk membeli paket internetnya. Daripada terus menerus membeli paket internet alangkah lebih baik jika kita dapat berhemat dengan cara-cara berikut ini:

1. Gunakan Aplikasi SAVEit

SAVEit dapat mengkompresi setiap data yang masuk sehingga kita bisa mengakses jaringan internet lebih lama dengan kuota paket internet yang sama. Cara kerjanya, SAVEit akan melakukan kompresi pada setiap gambar dan situs yang kita buka di internet tanpa mengurangi kualitasnya.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Ada puluhan aplikasi yang ada di dalam smartphone kita. Tapi bila jarang digunakan lebih baik dihapus saja. Karena walaupun jarang digunakan, aplikasi akan terus menguras kuota internet kita sedikit demi sedikit tanpa kita sadari.

Pertahankan aplikasi yang memang benar-benar sering kita digunakan dan singkirkan yang menurut kita kurang dibutuhkan lagi.

3. Pakai Versi Lite

Cara menghemat kouta selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi lite. Ada beberapa aplikasi sudah menggunakan versi litenya. Seperti Facebook Lite, Youtube Lite, Twitter Lite dan Line lite. Kata ‘lite’ digunakan untuk menggambarkan aplikasi yang tidak memakan ruang memori dan RAM besar. Aplikasi jenis ini juga sangat ringan dan tentu lebih bisa menghemat kuota internet.

4. Manfaatkan Promo di Semua Layanan Provider

Setiap provider selalu memberikan promo-promo paket internet yang berbeda-beda. Kita mesti jeli dengan tawaran paket internet yang memberikan kuota internet yang besar dengan harga yang murah dari sebuah provider.

Tapi yang harus diingat, kita harus mempertimbangan kekuatan sinyal yang ada di daerah tempat kita tinggal juga. Karena akan sia-sia saja Jika paket internetnya menarik dan murah meriah tapi memiliki sinyal yang buruk.

5. Gunakan Chatsim

Bagian sebagian besar orang, mendengar provider ChatSim mungkin masih asing. Memang Chatsim ini bukan provider lokal, tapi merupakan provider internasional yang menghadirkan kartu SIM yang dikhususkan untuk mengakses berbagai media soaial seperti WhatsApp, Facebook, Line, atau Telegram sepuasnya dengan biaya lebih murah yaitu mulai dari 210.000 rupiah per tahun.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka kouta anda tidak akan cepat terkuras atau lebih hemat kouta data. Jika tertarik, kita bisa lihat langsung mengenai layanannya di chatsim-indonesia.com.

6. Gunakan Firechat

Firechat merupakan aplikasi chatting yang sama sekali tidak menguras kuota internet. Kenapa? Karena aplikasi ini memanfaatkan sinyal Bluetooth dan Wifi untuk mengantarkan setiap pesan chat yang kita kirimkan ke pengguna Firechat lainnya.

Tetapi, Firechat hanya bisa digunakan pada jarak tidak lebih dari 70 meter saja. Namun yang menarik, kita bisa gunakan Firechat dalam situasi darurat, misalkan saat berada di daerah pegunungan yang sinyalnya lemah.

Bahkan aplikasi ini mengklaim bisa dimanfaatkan di daerah tanpa sinyal seperti di hutan dan digunakan dalam keadaan super darurat seperti saat terjadi bencana alam dimana biasanya jaringan telekomunikasi sedang terganggu.

7. Aktifkan Mode Hemat Kouta Data

Ada beberapa fitur yang dapat anda gunakan agar hp anda dapat selalu hemat kouta, yaitu dengan mengaktifkan mode hemat data yang sudah tersedia pada android versi marsmallow keatas.

Jika anda mengaktifkan mode hemat data, aplikasi-aplikasi tidak akan berjalan secara terus menerus atau mensincronkan dataa seperti notifikasi yang tentunya akan berjalan secara otomatis. Tentunya hal tersebut akan menguras banyak paket data yang anda miliki.

Itulah 7 cara hemat kuota internet Android. Dari cara-cara diatas kita bisa menggunakan beberapa langkah yang bisa langsung dipraktekan agar kita tidak perlu lagi merogoh uang yang besar setiap bulannya hanya untuk membeli paket internet berkali-kali. Semoga berhasil!