6 Cara Cepat Mengatasi Fingerprint / Sidik Jari Error
6 Cara Cepat Mengatasi Finger Print Tidak Berfungsi Error

6 Cara Cepat Mengatasi Fingerprint / Sidik Jari Error

6 Cara Cepat Mengatasi Finger Print Tidak Berfungsi Error
By Daffa Ardhan

Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi – Fitur Finger Print sekarang ini sudah banyak dibenamkan pada banyak smartphone bahkan pada deretan harga low-end sekalipun. Ini menarik banyak pengguna untuk membelinya dikarenakan fitur fingerprint di klaim lebih aman dalam menjaga privasi smartphone dibandingkan harus menggunakan fitur pengunci pola atau angka.

Namun tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah mengenai tidak berfungsinya fitur sidik jari tersebut. Tapi tidak usah khawatir, Mixotekno akan memberikan beberapa cara untuk mengatasinya.

Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi

1. Hapus Cache Fingerprint

Penyebab fingerprint tidak berfungsi bisa jadi terdapat pada cache finger printnya. Cache ini sebetulnya merupakan history dari sidik jari kita yang sebelumnya telah terekam di dalam aplikasi. Namun cache yang tersimpan berulang-ulang bisa saja akan sedikit mengganggu kinerja aplikasi. Maka dari itu cobalah untuk menghapus cache fingerprint pada bagian setting aplikasi.

2. Bersihkan sidik jari terlebih dahulu

Error yang terjadi pada fingerprint bukan hanya disebabkan oleh faktor internalnya saja. Tapi mungkin kesalahan ada pada sidik jari kita yang tidak terdeteksi oleh fiturnya dikarenakan jari kotor atau terhalang zat lain seperti minyak. Alangkah lebih baik bersihkan jari kita yang akan ditempelkan ke fingerprint dengan tisu kering atau pembersih lainnya kemudian coba letakan lagi jari kita pada fingerprint tersebut.

3. Coba Restart Smartphone

Biasanya dalam aplikasi terdapat crash yang menyebabkan beberapa fitur tidak berfungsi. Nah, mungkin saja ini terjadi pada fingerprint yang kita miliki. Untuk mengatasinya cobalah untuk mematikan HP sementara waktu. Bila perlu cabut baterai, SIM serta memori externalnya. setelah itu pasang kembali dan nyalakan smartphone kita.

4. Hapus Data Fingerprint

Jika cara sebelumnya belum ampuh membuat fingerprint berfungsi kembali. Kita bisa mencoba cara dengan menghapus semua data finger print sehingga kita harus memulai dari awal untuk melakan perekaman sidik jari kita. Caranya, masuk ke pengaturan > aplikasi manager >All > hapus data (clear data).

5. Hapus Smartphone Yang Telah di root

Cara ini dilakukan ketika kita baru saja melakukan root pada HP. Terkadang setelah melakukan root, fitur finger print jadi tidak berfungsi. Maka tidak ada cara lain selain dengan menghapus semua data dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Titanium Backup.

Langkah-Langkahnya diantaranya, Download aplikasi ini, beri akses root, buka aplikasi, masuk saja ke Backup restore > finger print. Kemudian pilih Wide data dan tekan Ok. selesai.

6. Reset ke pengaturan Pabrik

Jika semua cara sudah dilakukan tapi tetap saja fingerprint tidak dapat difungsikan. Maka cara terakhirnya dengan mereset HP ke dalam pengaturan pabrik. Memang dengan cara ini seluruh aplikasi dan pengaturan akan kembali seperti saat pertama kali membeli.

Tapi ini tidak jadi masalah karena kita bisa membackup seluruh data agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Itulah cara mengatasi fingerprint tidak berfungsi yang berlaku untuk semua jenis HP yang kita miliki. Walaupun dianggap paling aman, fingerprint memang terkadang punya resiko yang tinggi seperti tidak berfungsi saat mencoba mengatifkannya.

Tapi itu kembali lagi pada kita sebagai pengguna apakah akan tetap menggunakan fitur ini atau mencoba dengan fitur pengunci model lama. Semoga informasi ini dapat dapat membantu anda. terimakasih!