7 Tips Penting Sebelum Membeli Hosting
tips sebelum membeli hosting

7 Tips Penting Sebelum Membeli Hosting

tips sebelum membeli hosting
By Mixo

Memiliki hosting dengan kualitas terbaik berkecapatan tinggi, namun dengan harga yang terjangkau merupakan sebuah impian bagi para pemilik website. Mungkin sekarang ini anda sedang bingung memilih hosting berkualitas dan terpercaya.

Banyak sekali layanan hosting yang ada di Indonesia dengan berbagai macam harga, dan spesifikasi yang ditawarkan. Masing-masing setiap provider hosting pasti memiliki kelebihan dan kekuranganya masing. Hampir setiap provider hosting juga mengklaim bahwa layanan hosting mereka merupakan layanan hosting terbaik dan termurah.

Namun anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing provider hosting, lalu anda dapat menyimpulkan sendiri mana sih hosting yang terbaik yang sebenarnya?. Dengan membaca artikel ini yaitu tips sebelum membeli hosting, maka anda akan lebih memahami hosting dengan spesifikasi seperti apa yang sebenarnya anda butuhkan untuk meningkatkan reputasi website anda sekarang ini. Karena setiap website memiliki kebutuhan dan juga spesifikasi yang berbeda-beda.

Jangan anggap sepele dengan memilih hosting asal-asalan dengan iming-iming harga yang murah dan diskon besar-besaran, namun ternyata kualitas hosting yang kita dapat justru sangat mengecewakan dan sering down. Akibatnya pengunjung website anda akan menurun, reputasi menurun, bahkan konversi penjualan atau frekuensi pendapatan anda menurun drastis.

Agar hal-hal yang buruk seperti diatas tidak terjadi, maka anda bisa melanjutkan membaca artikel  Tips Penting Sebelum Membeli Hosting berikut ini.

1. Keamanan Hosting

Keamanan dari sebuah website merupakan faktor penting yang harus anda perhatikan. Kita tahu bahwa sampai sekarang ini masih kerap terjadi pencurian data serangan malware atau hacking dari para attacker atau hacker yang kerap kali membuat kita resah.

Agar website anda selalu aman, anda harus memilih sebuah web hosting yang memiliki fitur seperti Bitninja dan juga Ssl untuk menghalau serangan seperti DDOS, Flooding, Deface. Walaupun tidak sepenuhnya dapat menghalau semua serangan, namun setidaknya kita antisipasi agar data pada website anda tetap aman dan utuh.

2. Bandwidth

Selain keamanan bandwidth juga salahsatu hal penting yang perlu anda perhatikan. Apasih bandwidth itu?, Bandwidth adalah nilai penggunaan transfer data yang dihitung pada satuan detik atau bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Semakin banyak pengunjung maka semakin banyak pula bandwidth yang dibutuhkan.

Biasanya tiap-tiap provider hosting menawarkan bandwidth yang bervariasi mulai dari 10GB, 30GB, 100GB bahkan Unlimited atau tidak terbatas. Jika banwidth yang kita miliki telah melebihi kapasitas yang tersedia, maka akan berpengaruh pada kecepatan website atau lebih parahnya akan down dan tidak bisa di akses untuk beberapa menit.

3. Lokasi Server

Lokasi sebuah server juga harus diperhatikan, karena server sendiri sangat berpengaruh pada kecepatan loading dari sebuah website. Jika anda memiliki banyak pengunjung dari indonesia maka anda juga harus memilih server yang berada di Indonesia atau bisa juga di Singapura.

Lalu apa yang menjadi alasan lokasi server dapat mempengaruhi kecepatan loading web. Misalkan saja anda mengakses situs server USA dan anda berada di Indonesia, maka data yang dikirimkan akan lebih jauh seperti mengirim barang, semakin jauh berarti semakin lama. Tidak hanya itu saja, perbedaan jarak server dengan ip pengguna atau pengakses juga berpengaruh pada jumlah (hops) atau lompatan untuk sampai ke alamat ip tujuan.

Untuk website ini (Mixotekno) menggunakan server dari Singapura demi alasan mendapatkan server respon time yang lebih stabil, karena saya beranggapan bahwa internet yang tersedia disana lebih stabil dan cepat dibandingkan dengan indonesia. Sehingga proses pengiriman data akan semakin cepat dan akan mempercepat loading website.

4. Uptime Server

Uptime server sendiri merupakan ukuran waktu berapa lama server dapat berjalan atau melayani pelanggan. Nilai maksimal uptime adalah 100%, semakin tinggi uptime maka semakin bagus pula kualitas hosting tersebut. Karena nilai uptime sering menjadi patokan untuk menilai kualitas sebuah hosting.

Kebanyakan provider hosting menawarkan uptime server sampai 99% setiap bulanya, itu artinya ada 1% downtime. Jika dikalkulasi maka 1% x 30 hari x 24 jam = 7,2 jam. Itu artinya, akan terjadi downtime selama 14,66 menit setiap harinya.

5. Review Pelanggan

Sebelum menentukan pilihan anda untuk mendapatkan kualitas hosting terbaik, maka anda juga perlu mengetahui review dari pengguna yang sudah terlebih dahulu menggunakan provider tersebut. Dengan cara tersebut anda dapat mengetahui lebih pasti apakah spesifikasi yang ditawar sesuai dengan yang akan didapatkan ketika kita sudah membeli atau menyewanya.

6. Teknologi Yang Digunakan

Teknologi yang digunakan merupakan penentu bagus atau tidaknya suatu server, walaupun masih banyak faktor lain yang menentukan kualitas server seperti, kecepatan internet, uptime server dll. Namun jika teknologi yang digunakan semakin canggih, maka kecepatan server juga akan semakin meningkat.

Misalkan provider hosting menawarkan layananya A menggunakan teknologi penyimpanan HDD sedangkan provider B menawarkan hosting dengan menggunakan SSD, maka performa yang kita dapat akan lebih baik jika kita menggunakan teknologi SSD. Baca juga perbedaan hdd dan ssd.

7. Pilih Kapasitas Hosting

Selain uptime server, lokasi hosting, dan juga bandwidth. Kapasitas juga berpengaruh pada performa hosting anda. Jika website anda memiliki banyak file seperti video, gambar-gambar HD, pastinya anda akan membutuhkan kapasitas yang besar. Dan biasanya untuk hosting dengan kapasitas besar, dibutuhkan biaya ekstra agar data-data anda dapat ditampung semua tanpa sesak napas akibat ruang penyimpanan yang sempit.

Rekomendasi Hosting Terbaik Versi Saya

Untuk tambahan kali ini saya akan memberikan rekomendasi hosting terbaik dan dengan harga yang ekonomis namun tetap berkualitas dan sudah digunakan banyak orang.

Hostinger merupakan salah satu penyedia layanan jasa hosting terbaik di Indonesia. Terdapat banyak paket hosting yang disediakan  mulai dari Ro. 19.850/bulan hingga Rp. 79.950/bulan.  Selain menyediakan hosting, hostinger juga menyediakan layanan VPS (Virtual Private Server) yang sudah menggunakan teknologi cloud vps. Berikut daftar harga layanan hosting di hostinger.co.id

paket hosting hostinger

Jika memilih paket web hosting premium atau bisnis selama setahun maka anda juga akan mendapatkan domain gratis, sehingga lumayan bisa menghemat biaya. Hostinger jika memiliki tim support yang bisa dihandalkan. Kapanpun anda butuh bantuan mereka siap membantu menyelesaikan permasalahan Anda. Selain itu Hostinger juga memiliki fitur web builder yang pas digunakan untuk membuat website bagi para pemula. Fitur ini dilengkapi dengan tema-tema gratis yang telah teroptimasi untuk SEO dan versi mobile.

Sekian penjelasan mengenai tips sebelum membeli hosting terbaik. Semoga dapat membantu anda untuk menentukan hosting sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Terimakasih