8 Aplikasi Antivirus Gratis & Terbaik Untuk Android

8 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Android
By Mixo
4.6 / (5)

Android adalah OS (Sistem Operasi) yang sekarang banyak diminati oleh para pengguna smartphone. Jadi tak heran jika ada banyak malware yang sengaja dibuat untuk menyerang OS milik Google tersebut. Malware tersebut terkadang tersembunyi dalam aplikasi-aplikasi tertentu.

Terkadang kita juga menyetting keamanan dengan mengijinkan aplikasi terinstal dari sumber tidak diketahui dan kadang lupa untuk menyettingnya kembali. Padahal hal tersebut akan memudahkan Malware masuk dengan bebas. Ketika kita tidak sengaja membuka web dari ponsel kita yang didalamnya terdapat malware.

Untuk melindungi ponsel anda dari serangan malware alangkah baiknya kita mengantisipasinya dengan memasang antivirus. So, berikut beberapa rekomendasi security atau antivirus terbaik dan gratis yang wajib kamu coba.

1. AVL

avl antivirus

AVL adalah mantan pemenang AV-Test (penghargaan obat antivirus independen yang dihormati) untuk perlindungan terbaik perangkat seluler. Fiturnya tidak hanya mencakup database antivirus (tentu saja) namun pemindai mampu mendeteksi file eksekusi apa pun yang masuk ke perangkat Anda.

Fitur berguna lainnya termasuk penghambat panggilan untuk mencegah nomor berbahaya menghubungi Anda, serta fitur anti-phishing untuk menghentikan situs web berbahaya agar tidak dimuat. Aplikasi ini juga dirancang agar hemat sumber daya. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut melalui link ini [Download]

2. Avast Mobile Security

Avast Mobile Security antivirus

Avast antivirus raksasa telah menggunakan keterampilan yang cukup besar untuk membuat sebuah aplikasi yang berjalan di atas dan di luar pemindai biasa. Fitur tambahan dalam versi gratis termasuk penghubung panggilan, firewall dan bahkan ukuran anti-pencurian yang memungkinkan Anda mengunci atau menghapus perangkat Android Anda jika hilang.

Aplikasi ini biasa dibayar tapi sekarang gratis, didukung oleh iklan. Anda bisa membayar premi bulanan atau tahunan kecil untuk menghapusnya. Fitur premium lain yang sangat berguna adalah penguncian dalam aplikasi di mana perangkat Anda akan meminta PIN sebelum membuka aplikasi tertentu. Ini mencegah perangkat lunak jahat meluncurkan aplikasi seperti internet banking secara otomatis. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut melalui link ini [Download]

3. Bitdefender Antivirus

Bitdefender Antivirus

Bitdefender adalah nama besar di komunitas keamanan, dan program antivirus gratisnya sangat ringan. Aplikasi ini juga akan memindai semua aplikasi baru yang didownload ke perangkat Anda secara otomatis. Hal lain dari aplikasi ini adalah siap untuk segera dijalankan saat diinstal – tidak ada konfigurasi tambahan yang diperlukan.

Jika Anda memerlukan keamanan ekstra, masuklah untuk uji coba gratis 14 hari BitDefender Mobile Security. Ini termasuk antivirus dasar serta perlindungan real-time untuk fitur browser dan anti-pencurian Chrome. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut melalui link ini [Download]

4. McAfee Security & Power Booster

McAfee Security & Power Booster

McAfee adalah nama lain yang terkenal ketika datang ke perangkat lunak antivirus untuk PC, dan di aplikasi Android ini tidak mengecewakan. Selain pemindai antivirus itu sendiri, fitur gratis termasuk melacak perangkat yang hilang sekaligus mengunci aplikasi. Jika perangkat Anda dicuri, aplikasi bahkan dapat memotret pencuri.

Fitur lainnya termasuk kemampuan memindai aplikasi untuk memeriksa apakah mereka membocorkan informasi sensitif, dan menguncinya jika perlu. McAfee juga akan memblokir akses ke situs web yang berpotensi berbahaya, dan juga memungkinkan Anda menyimpan daftar hitam penelepon dan teks gangguan.

Versi berbayar dari aplikasi memungkinkan Anda menghapus iklan dan menerima dukungan telepon. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut melalui link ini [Download]

5. Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky memiliki reputasi di atas sana dengan pemain besar seperti BitDefender. Versi gratis dari aplikasi keamanannya memiliki beberapa fitur yang mengesankan, dan sangat bagus dalam menghadapi malware, dengan tingkat deteksi 99,9% sesuai uji coba AV-Test dari bulan November lalu.

Kaspersky Antivirus & Security juga akan mencoba untuk memblokir situs atau link berbahaya sebelum Anda mengkliknya, mencegah infeksi terjadi di tempat pertama. Saat mendownload aplikasi, Anda akan diberi uji coba gratis Kaspersky Internet Security 30 hari gratis (harganya $ 14,95 setahun setelahnya – £ 9,99, atau sekitar AU $ 20).

Versi premium aplikasi ini memiliki fitur keamanan tambahan seperti penyaringan panggilan dan teks. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut melalui link ini [Download]

6. Sophos Mobile Security

Sophos Mobile Security

Aplikasi antivirus gratis Sophos sebelumnya telah memenangkan penghargaan AV-Test untuk perlindungan terbaik pada tahun 2015. Tidak seperti pemindai gratis lainnya, Sophos tidak berisi iklan apapun. Namun, hal itu menghalangi situs web dengan konten yang berpotensi mengandung spam atau ilegal.

Aplikasi dipindai karena malware atau konten berbahaya karena dipasang dan Sophos memberi tahu Anda jika mereka dapat membocorkan informasi sensitif apa pun. Pemindai antivirus dapat dijadwalkan untuk memindai file dan folder secara berkala, dan database malware itu sendiri diperbarui setiap hari.

Aplikasi ini juga mencakup pemindai kode QR yang praktis yang dapat digunakan untuk mengatur koneksi Wi-Fi yang aman. Ada juga authenticator yang bisa menghasilkan password satu kali untuk autentikasi dua faktor. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut melalui link ini [Download]

7. Norton Security

Norton Security

Aplikasi gratis dari Norton ini mampu mendeteksi 100% dari semua malware Android saat di-benchmark oleh AV-Test beberapa bulan yang lalu. Pemindai ini didukung oleh Norton Mobile Insight dan dapat mendeteksi virus di dalam aplikasi dan file, kemudian menghapusnya secara otomatis.

Fitur keamanan lainnya yang berguna mencakup kemampuan untuk mengunci telepon Anda melalui pesan SMS, atau jika kartu SIM dilepas. Anda juga dapat memilih untuk mengunci perangkat dari jarak jauh jika hilang (atau terkunci setelah 10 upaya gagal memasukkan kode sandi).

Aplikasi ini hadir dengan trial 30 hari Norton Mobile Security yang menawarkan fitur tambahan seperti penyaringan SafeWeb yang memblokir situs-situs berbahaya. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut melalui link ini [Download]

8. Avira Security

Avira Security

Penawaran mobile Avira tidak hanya akan memindai file yang Anda download dan isi di memori telepon Anda, namun juga dapat memindai penyimpanan eksternal seperti kartu SD Anda. Aplikasi dinilai menggunakan skala privasi untuk membantu Anda memutuskan dengan mudah berapa banyak yang dapat dipercaya dengan data Anda.

Identity Safeguard secara terpadu memeriksa apakah alamat email dalam daftar kontak Anda telah dilibatkan dalam pelanggaran data utama. Aplikasi ini dikendalikan oleh portal manajemen berbasis web, yang sangat berguna jika Anda ingin membuat kebijakan umum mengenai beberapa perangkat Android.

Versi premium mencakup dukungan yang lebih baik, pemblokiran otomatis situs web jahat, dan pembaruan yang lebih sering. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut melalui link ini [Download]