Cara Mengatasi Lag & Force Close Mobile Legends Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Force Close Mobile Legends Keluar Sendiri
By Mixo

Mengatasi Force Close Mobile Legends – Force close merupakan kendala yang sering kita rasakan saat sedang bermain game, terutama game online. Mobile legends merupakan game yang sedang populer saat ini, dan kemeriahan untuk bermain bersama teman menjadi suatu keasyikan tersendiri.

Pastinya kamu pernah mendengar kata force close atau istilah keluar sendiri saat bermain game. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, misal adalah minimnya ruang memori internal, ram tidak memadai, bahkan grafik yang terlalu berat.

Namun kamu tidak perlu khawatir lagi, jika kamu sering mengalami hal yang sangat menyebalkan yaitu force close saat bermain game mobile legends. Kami akan memberikan cara yang mungkin ampuh untuk mengatasi masalah force close saat bermain mobile legends baik di perangkat android maupun ios.

5 Cara Mengatasi Force Close Mobile Legends di Android

1. Nonaktifkan Skala Animasi

Cara Mengatasi Force Close Mobile Legends

Animasi yang terdapat pada perangkat android menimbulkan efek yang terkesan cepat, mengalir dan terlihat canggih. Namun lama-kelamaan animasi transisi akan membuat hp anda seperti patah-patah karena kinerja yang sudah tidak optimal lagi.

Dengan menonaktifkan skala animasi, maka kinerja smartphone anda akan lebih maksimal dan dapat mengurangi resiko force close atau ngelag saat bermain mobile legends. Berikut cara menonaktifkan skala animasi pada perangkat android.

  1. Masuk Pengaturan
  2. Aktifkan opsi Pengembang
  3. Matikan skala animasi jendela, transisi, dan animator

2. Paksa Gpu ke Maksimum

Cara Mengatasi Force Close

 

GPU (Graphics processing unit) atau pengolah gambar sangat dibutuhkan saat memainkan game berat. Bukan hanya di PC yang membutuhkan kinerja GPU untuk menjalankan game seperti dota 2, GTA V, PUBG dll. Pada perangkan android ataupun Ios juga membutuhkan GPU yang powerfull agar pengalaman saat memainkan game lebih terasa ringan dan tidak lag, bahkan force close.

GPU pada setiap merk smartphone memang disetting pada default, namun jika anda sering memikan game berat di HP anda bisa memaksimalkan kinerja GPU dengan cara paksa perenderan GPU, berikut cara Mengaktifkan paksa perenderan GPU.

  1. Masuk Pengaturan
  2. Pilih Opsi Pengembang
  3. Aktifkan Opsi Pengembang
  4. Centang Perenderan GPU

3. Paksa Berhenti Aplikasi Tidak Penting

Mengatasi Force Close Mobile Legends Keluar Sendiri

Di HP yang anda gunakan pasti terdapat banyak aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan, bahkan tidak pernah dibuka sama sekali. Diantaranya adalah Google play buku, Google play film, google play, Google play kios, Talkback dan masih banyak lagi.

Aplikasi-aplikasi yang kiranya kurang penting dapat anda matikan atau diberhentikan secara paksa. Atau jika anda ingin menghapus aplikasi-aplikasi tersebut maka dibutuhkan akses root. Berikut cara memberhentikan atau menonaktifkan aplikasi tidak penting di android.

  1. Masuk Pengaturan
  2. Pilih Menu Aplikasi
  3. Akan ada daftar aplikasi
  4. Pilih dan Klik Aplikasi Yang Akan di Berhentikan
  5. Klik Paksa Berhenti atau Nonaktifkan

4. Kosongkan Memori Internal dan RAM

Cara Mengatasi Ngelag & Force Close Mobile Legends

Penyimpanan pada ponsel ada tiga jenis, yaitu penyimpanan sementara (RAM), Memori Internal, Memori Eksternal. Secara default setiap kali anda menginstall aplikasi, maka memori internal akan digunakan untuk menyimpan seluruh data aplikasi dan game.

Jika memori internal penuh maka akan mempengaruhi konerja ponsel seperti force close atau macet saat menjalankan aplikasi atau game terutama game mobile legends. Mengapa hal tersebut bisa terjadiGame ?

Aplikasi  yang berjalan memerlukan file temporary (sementara), ketika memori sudah kehabisan ruang, maka eksekusi file akan berhenti secara mendadak, yang dapat menyebabkan keluarnya anda dari game atau force close.

Untuk memperluas ruang penyimpanan anda bisa membackup data ke pc atau menformat memori dan juga menghapus file sampah dengan menginstall aplikasi pembersih sampah yang banyak tersedia di playstore.

Selain itu anda juga bisa memperluas memori dengan menggunakan memori eksternal yang diubah menjadi penyimpanan utama atau memori internal. Berikut cara mengubah memori eksternal menjadi penyimpanan utama untuk menyimpan data aplikasi atau memori internal.

Namun sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa mengubah penyimpanan eksternal menjadi internal hanya bisa dilakukan pada android versi 7 keatas (Nouget). Untuk android marsmallow kebawah anda hanya bisa memindahkan data seperti foto, video, dan file-file dari memori internal ke memori eksternal.

  1. Masukan Kartu Memori
  2. Lalu akan muncul notif dan klik siapkan
  3. Akan ada dua pilihan gunakan sebagai penyimpanan portabel atau gunakan penyimpanan internal
  4. Pilih gunakan sebagai penyimpanan internal
  5. Klik berikutnya
  6. Kemudian klik Hapus & Format

5. Setting Game Sesuai Kemampuan Spesifikasi Ponsel

Cara Mengatasi Lag & Force Close Mobile Legends Keluar Sendiri

Pada menu setting di game mobile legends anda dapat memilih kualitas grafik seperti rendah, sedang, dan  tinggi. Jika anda menggunakan chipset snapdragon 8 keatas dan ram 2 sampai 4 GB maka anda bisa memilih grafik tinggi.

Namun jika spek ponsel yang anda gunakan menggunakan chipset mediatek MTK6737 dan sejenisnya anda bisa memilih setelan grafik sedang. Berikut cara setting mobil legends dengan spek terendah.

  1. Buka game Mobile legends
  2. Masuk ke pengaturan
  3. Pilih dasar dari tiga pilihan (dasar, kontrol, antarmuka)
  4. Pilih Off untuk frame karakter, bayangan, teks damage, dan mode buta warna.
  5. Pilih grafik sedang
  6. Pilih on pada speed mode

Cara diatas mungkin akan berfungsi dengan baik untuk mengatasi lag dan force close saat bermain game mobile legends. Namun anda juga memperhatikan aspek lain seperti spesifikasi ponsel yang tidak memadai, game yang tidak compatible dan juga bug pada game itu sendiri. Semoga dapat membantu mengatasi lag dan force close saat bermain mobile legends. Sekian selamat bermain!