5 Cara Membedakan Akun Instagram Asli dan Palsu
5 Cara Membedakan Akun Instagram Asli dan Palsu

5 Cara Membedakan Akun Instagram Asli dan Palsu

5 Cara Membedakan Akun Instagram Asli dan Palsu
By Daffa Ardhan

Cara Membedakan Akun Instagram Asli atau Palsu – Kepopuleran Instagram sebagai media sosial yang fokus pada media berbagi gambar atau foto telah menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia. Maka dari itu tidak aneh jika Instagram menjadi media sosial dengan pertumbuhan pengguna paling cepat di dunia.

Akan tetapi, sama halnya seperti Facebook. Instagram rentan sekali dengan akun-akun palsu yang menyerupai akun asli. Ada banyak akun yang mengklaim kalau dirinya bukan akun kloningan atau akun yang sengaja dibuat untuk menarik banyak folowers.

Akun palsu ini berbahaya karena biasanya mereka mengambil foto-foto orang lain yang mengatasnamakan diri mereka sendiri.

Mengetahui Akun Instagram Palsu

Terkadang bagi orang yang berbisnis di Instagram kemudian tertarik untuk melakukan endorsement tidak sedikit yang terjebak dengan akun palsu ini. Biasanya mereka menawarkan endorsement ke artis atau selebgram lalu barangnya endorse-nya dikirim dan malah tidak iklankan di akun instagram mereka karena ternyata memang akunnya palsu.

Terkadang juga mereka memasang foto artis terkenal dan selebgram yang populer untuk meraup banyak followers. Setelah itu, mereka menghapus semua foto dan mengganti namanya, kemudian akunnya di jual ke orang lain dengan harga cukup mahal.

Nah, sebagai pengguna maupun pebisnis di Instagram kita harus cermat dan teliti agar tidak tertipu dengan akun-akun palsu ini. Untuk mengetahuinya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.

Baca Juga : 5 Cara Mendapatkan Followers Instagram Gratis

1. Jumlah Foto Sedikit

Ini memang tidak bisa jadi patokan utama. Tapi kita bisa sedikit mencurigai jika foto seseorang yang meraup jumlah followers yang banyak tapi fotonya hanya beberapa saja.

Biasanya, akun palsu menarik perhatian agar orang-orang mau follow akunnya dengan cara memasang foto yang vulgar atau minimal foto orang yang cantik atau tampan hasil nyomot dari google atau instagram orang lain.

2. Minim Stories

Walaupun masih bisa di akali. Tapi kita bisa mengamati seberapa sering sebuah akun berinteraksi lewat fitur Instagram Stories. Mereka yang penggunaan akun palsu, akan sangat minim menggunakan fitur ini karena tayangan video pendek di instagram story agak sulit di palsukan.

3. Jarang Menandai Teman dalam Fotonya

Ini bisa jadi patokan paling penting untuk mengetahui akun palsu karena biasanya mereka tidak punya hubungan khusus dengan akun-akun lain.

Misalnya mereka mengaupload foto dengan beberapa orang tapi anehnya mereka sama sekali tidak melakukan tag atau menandai kepada orang yang ada di foto itu. Ini patut dicurigai sebab seharusnya foto yang didalamnnya ada orang lain biasanya di tandai juga ke orang bersangkutan.

4. Banyak Ditutupi Stiker

Menempeli stiker digunakan untuk menutupi identitas si pemilik foto asli. Misalnya si akun palsu mengambil foto dari akun instagram lain. kemudian di foto tersebut terselip nama asli pemilik akun instagram, baik itu di bajunya atau dimanapun. Nah, nama asli itu ditutupi dengan stiker-stiker lucu agar tidak mencurigakan atau diketahui bahwa fotonya hasil curian.

Baca Juga : Cara Download Simpan Foto Dan Video Dari Instagram

5. Cek Namanya di Pencarian

Di Instagram banyak sekali akun kloningan artis atau selebritis. Biasanya akun asli dari artis atau selegram terkenal sudah di verifikasi atau memiliki tanda ceklist disamping nama akunnya. Namun Jika kita mencurigai sebuah akun asli atau tidak, coba cek nama akun tersebut di pencarian Instagram.

Coba lihat, apakah ada akun lain yang menggunakan nama dan foto yang sama atau tidak. Jika iya, patut dicurigai dan coba telaah dengan membandingkan antara akun-akun yang sama dari segi nama dan foto tersebut.

Perhatikan juga komentar-komentar di fotonya. Siapa tahu ada salah satu pengguna yang berkomentar dan memberi tahu bahwa akunnya tersebut asli atau palsu.

Itulah 5 cara termudah mengetahui akun instagram palsu atau fake. Semoga dengan cara ini kita sebagai pengguna atau orang yang sedang berbisnis di Intagram bisa lebih waspada agar tidak tertipu dengan mereka.