Cara Setting Fingerprint / Sidik Jari HP Xiaomi

By Mixo

Sistem keamanan Android di zaman modern ini beragam macam bentuknya. Ada keamanan melalui pola hingga mendeteksi wajah para penggunanya. Tetapi, di tahun 2017, banyak Android yang menggunakan keamanan sidik jari.  Sidik jari dianggap sebagai sistem keamanan yang paling mutakhir yang bisa menjamin keamanan penggunanya dari pembajakan.

Keamanan sidik jari ini diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan smartphone asal China, Xiaomi. Seri pertama yang menggunakan fitur sidik jari ialah Xiaomi redmi 3X. Xiaomi redmi 3X ini sangat membooming di Indonesia akibat fitur sidik jari ini. Sejak saat itu, banyak vendor Android yang menerapkan keamanan sidik jari. Xiaomi pun pada akhirnya mulai menerapkan fitur sidik jari di seluruh serinya. Salah satunya ialah Xiaomi redmi note 4. Akan tetapi, tidak seperti xiaomi yang lainnya yang dimana sidik jari itu bisa digunakan kapan pun, Xiaomi red mi note 4 ada beberapa teknik khusus untuk mengaktifkan fitur sidik jari ini. Hal itu membuat beberapa pengguna xiaomi khusunya xiaomi redmi note 4 kesulitan untuk mengaktifkan fitur yang diklaim paling aman ini. Tenang, ada cara setting paling mudah fingerprint di xiaomi kok. Bagaimana caranya ?

Sebelum masuk ke materi inti, mari kita mengetahui kegunaan dari fitur sidik jari ini. Fitur sidik jari berguna sebagai pendukung beberapa tasking cepat seperti mengambil foto selfie, mengunci layar, log in aplikasi pihak ketiga serta mengunci aplikasi. Lantas, bagaimana cara menggunakan fingerprint xiaomi ini ?

Pada dasarnya, cara kerja pemindai sidik jari di smartphone bersifat unik dan lebih aman dibanding keamanan dasar lainnya. MIUI ( firmware yang sudah terpasang di segala seri Xiaomi ) dapat menyimpan hingga lima sidik jari dan mengetahui masing – masing darinya seperti saat membuka aplikasi yang terkunci atau lockscreen. Cara setting fingerprint xiaomi ini bisa mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini :

  1. Pastikan jari Anda dalam keadaan bersih dan tidak basah. Jika jari Anda dalam keadaan kotor dan basah, bisa dipastikan bahwa nanti perangkat pintar Anda tidak bisa mendeteksi seperti apa ciri khusus yang tergambar di sidik jari Anda.
  2. Buka smartphone Xiaomi, kemudian tap menu setting. Lalu, ta menu lockscreen password serta tap menu password and finger print.
  3. Buatlah sebuah backup berupa PIN atau pola yang nantinya digunakan untuk membuka smartphone jika sidik jari yang telah dibuat sebelumnya gagal di pindai.
  4. Tempelkan jari Anda pada icon fingerprint hingga smartphone bergetar. Jangan panik, smartphone anda sedang mendeteksi sidik jari yang ada di tangan Anda
  5. Angkat dan tempelkan lagi jari tersebut hingga sebanyak 10 kali hingga muncul keterangan “fingerprint added” atau semacamnya.

Setelah Anda berhasil mengaktifkan fingerprint xiaomi, cobalah mengunci smartphone dan tempelkan jari Anda untuk membukanya. Jika gagal, jangan khawatir, Anda tinggal memasukan backup PIN atau Pola yang telah dibuat dilangkah sebelumnya.

Sekian kelima cara mudah mengaktifkan fingerprint di xiaomi yang bisa Anda coba di rumah. Semoga artikel membantu anda. Jika ada pertanyaan, silahkan Anda tulis di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dan selamat mencoba.