5 Kelebihan dan Kekurangan Mechanical Keyboard
5 Kelebihan dan Kekurangan Mechanical Keyboard

5 Kelebihan dan Kekurangan Mechanical Keyboard

5 Kelebihan dan Kekurangan Mechanical Keyboard
By Mixo

Kelebihan dan Kekurangan Mechanical Keyboard – Mechanical Keyboard tengah digandrungi oleh banyak orang, terutama gamers. Hal tersebut menyebabkan persaingan antara para produsen menjadi semakin menarik. Demi memanjakan konsumen, tak sedikit vendor yang memberikan fitur menarik, fitur yang paling umum ialah RGB Lightning. Memang harganya sedikit mahal daripada keyboard biasa (membran), tapi kenapa keyboard mekanikal tetap banyak diminati.

1. Durability

Durability atau ketahanan dari Mechanical Keyboard tak dapat diragukan lagi. Hal ini dikarenakan Keyboard Mekanikal menggunakan switch berbahan metal atau plastik berkualitas tinggi dibalik keycapsnya, sehingga saat ditekan akan terasa kokoh dan diklaim dapat bertahan sampai 50 juta kali klik dimana keyboard membran hanya tahan sampai 10 juta kali klik.

2. Feedback

Selain memberikan durability yang tak dapat diragukan, switch pada keyboard mekanikal akan memberikan feedback setiap kali keycapsnya ditekan. Namun feedback yang diberikan berbeda, hal ini dikarenakan setiap keyboard mekanikal memiliki jenis switch yang berbeda. Salah satu jenis switch yang terkenal yaitu Cherry MX Switch, yang memiliki empat jenis seperti berikut :

Cherry MX Green

Merupakan jenis switch terberat dan resistensi terkuat dari Cherry MX dengan daya tekan yang dibutuhkan sekitar 80g. Dibalik daya tekan yang besar, tersembunyi feel / feedback yang sangat lembut yang hanya terdapat pada MX Green.

Cherry MX Blue

Cherry MX Blue merupakan salah satu jenis switch yang paling populer karena didesain untuk mengetik dengan daya tekan 50-60g. Walaupun begitu, banyak gamers yang menggunakan keyboard mekanikal dengan blue switch ini.

Cherry MX Brown

Cherry MX Brown memiliki feel yang ringan dan tactile yang terasa saat menekan. Switch yang membutuhkan daya tekan sebesar 45-55g ini memiliki kemampuan double tap yang baik dengan daya tahan medium.

Cherry MX Red

Cherry MX Red adalah switch yang paling terkenal dikalangan gamers karena dijuluki ‘gaming’ switch, hal ini dikarenakan daya tekan yang dibutuhkan dari switch ini hanya 45g dan tentu ini adalah jenis switch yang paling ringan dari Cherry MX. Dan switch ini merupakan switch dengan daya tahan paling rendah dari Cherry MX.

3. Comfortness

Mengetik pada keyboard mekanikal memang lebih nyaman ketimbang mengggunakan keyboard membran, hal ini dikarenakan setiap keycaps pada keyboard mekanikal memiliki bentuk melengkung yang menyesuaikan jari. Selain itu keyboard mekanikal memiliki jarak beberapa milimeter pada setiap keycapsnya.

4. Customizeable

Setiap keyboard mekanikal, keycaps nya dapat dilepas. Hal ini berguna jika kamu akan membersihkan debu dibalik keycaps / sela-selanya. Selain itu, keycapsnya pun dapat diganti (kustomisasi).

5. 100% Anti Ghosting

Ketika kamu mencoba menekan banyak keycaps pada keyboard membran, tidak semuanya akan tampil dilayar, itulah yang dinamakan ghosting. Hal tersebut dikarenakan papan sirkuit pada keyboard membran yang sederhana yang tak dapat menerima banyak input secara bersamaan. Tentunya hal tersebut tak akan kamu temukan pada keyboard mekanikal berkat switch yang ada dibalik setiap keycapsnya.

Selain keunggulan Mechanical Keyboard diatas, tentunya juga memiliki beberapa kekurangan, seperti bobot yang sedikit lebih berat dikarenakan switch yang ada disetiap keycapsnya, harga yang sedikit mahal, dan noise yang dihasilkan dari feedback switch nya yang mungkin sebagian orang belum terbiasa.

Terlepas dari kekurangannya, tidak ada salahnya jika kamu ingin beralih dari Membrane Keyboard ke Mechanical Keyboard. Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat dan dapat membantu.