7 Cara Mengatasi Google Play Telah Berhenti
7 Cara Mengatasi Google Play Telah Berhenti

7 Cara Mengatasi Google Play Telah Berhenti

7 Cara Mengatasi Google Play Telah Berhenti
By muji lestari

Di setiap ponsel Android pasti hampir semuanya memiliki Google Play, yaitu aplikasi untuk memasang aplikasi atau memperbarui. Tetapi terkadang penggunaan HP yang terlalu lama dapat mengakibatkan beberapa aplikasi tidak dapat dibuka (ngelag) atau bahkan erorr.

Tidak terkecuali Google Play padahal terkadang kita perlu memperbarui dan memasang aplikasi lain dalam HP Android kita tetapi muncul “Sayangnya Google Play telah berhenti” atau Google Playstore tidak bisa dibuka.

Dalam beberapa versi Android seperti Jelly Bean, Kitkat, dan Lolipop pesan error masih bisa diatasi . Adapun penyabab lain diantaranya :

  1. File chace aplikasi penuh
  2. Terlalu lama menggunakan aplikasi
  3. File yang terlalu banyak sehingga Android menjadi berat
  4. Ada pembaruan sistem android
  5. Membuka dan menutup aplikasi berulang-ulang
  6. Jaringan terputus saat memperbarui Google Play sehingga membuat macet dan membuat data download tidak sempurna

Cara Mengatasi Google Play Telah Berhenti

Jika kalian sering mengalami erorr pada google play dan muncul pesan¬†“Sayangnya Google Play telah berhenti” atau “Unfortunately¬†Google PlayServices Has Stopped” hal tersebut dapat kita atasi dengan cara berikut.

Baca Juga : Cara Hapus Riwayat atau History Pencarian Instagram

1. Hapus File Cache

Ada dua cara untuk menghapus file sampah atau cache yang ada pada aplikasi Google Play , kalian bisa memilih salah satunya . Pertama yaitu dapat menggunakan aplikasi penghapus cache. Jika pada Android kalian belum ada aplikasinya maka dapat menggunakan cara kedua. Yaitu menggunakan cara manual, masuk pada pengaturan kemudian pilih aplikasi terinstal cari Google Play dan hapus cachenya.

2. Hapus Data dan Stop Aplikasi

Jika menggunakan cara pertama belum bisa terselesaikan cobalah dengan cara yang berikutnya yaitu menghapus aplikasi atau memaksakan aplikasi terhenti. Caranya yaitu masuk ke pengeturan > aplikasi yang terpasang > cari Google Play > paksa berhenti > hapus data. Dengan cara ini maka akan membersihkan file cache aplikasi, basis data, data login, bookmark, dan history pencarian dari Google Play.

3. Menginstal Ulang Aplikasi

Ketiga yaitu kalian dapat mencoba untuk mencopot pemasangan aplikasi Google Play. Caranya masuk ke pengeturan > aplikasi yang terinstal > Google Play > copot pemasangan. Setelah di copot kalian dapat mendownloadnya ulang atau memasang ulang sehingga data menjadi baru.

4. Tingkatkan Versi Google Play Store

Yang keempat yaitu memperbarui aplikasi Google Play. Biasanya karena versi Google Play yang lama sehingga muncul pesan error yang membuat Google Play berhenti. Kita bisa mendownload versi terbarunya di apkpure atau penyedia aplikasi android lainya.

5. Wipe Cache Partition

Jika kalian menggunakan HP Xiaomi cobalah langkah ini. Yaitu melalui menu Recovery Mode atau Mi Recovery. Dengan ini file cache pada aplikasi dan sistem akan bersih total. Caranya sebagai berikut, pertama pastikan baterai HP anda mencukupi, kedua masuk Recovery Mode Xiaomi dengan menekan tombol Power+Volume Up, ketiga pilih Bahasa Inggris, setelah itu pilih Wipe Cache Partition tunggu sampai selesai dan berhasil. Selesai.

6. Restart Smartphone

Selanjutnya kalian dapat melakukan Restart Smartphone. Ini sebenarnya adalah langkah pertama, karena biasanya beberapa smartphone dapat kembali normal dengan melakukan restart smartphone.

7. Melakukan Hard Reset

Yang terakhir, jika semua hal di atas sudah dicoba namun masih belum bisa kalian dapat melakukan Factory Reset atau Hard Reset. Jika hal ini dilakukan semua data di HP kembali pada pengaturan pabrikan. Tetapi ini bukanlah langkah terbaik, lakukan hal ini jika semua cara sudah dilakukan tetapi Google Play masih belum juga bisa dijalankan.