7 Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Cepat Panas Paling Ampuh
7 Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Cepat Panas Paling Ampuh

7 Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Cepat Panas Paling Ampuh

7 Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Cepat Panas Paling Ampuh
By Mixo

Kenapa hp saya cepat sekali panas.  Terutama saat bermain game atau bermain sosial media seperti instagram, twitter, dan facebook meski hanya baru beberapa menit. Mungkin anda bertanya-tanya “apasih penyebab hpku cepat panas?”. Banyak orang yang mengatakan bahwa panasnya suatu ponsel atau smartphone dipengaruhi oleh merk dari ponsel pintar itu sendiri.

Dalam paradigma masyarakat, hp bermerek seperti Advan dan lain sebagainya akan cepat panas. Padahal faktanya , merk bukanlah faktor yang menyebabkan hp anda cepat panas. Ponsel berkelas seperti Asus dan Xiaomi yang notabenenya merupakan smartphone kelas “ningrat”, penggunanya megeluhkan mengalami panas yang berlebih.

Baca Juga : 2 Cara Melihat Pesan Yang Dihapus Di WA Paling Mudah

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan smartphone itu panas. Salah satunya adalah meningkatnya kinerja ponsel yang Anda gunakan. Terutama saat melakukan beberapa kegiatan berikut misalnya bermain game, video call, panggilan telepon, menonton video dan lain sebagainya. Selain itu, masalah baterai pun bisa mempengaruhi panasnya smartphone.

Maksudnya, suatu ponsel akan cepat panas jika ponsel tersebut sering dimainkan saat mengisi baterai serta voltase batu baterai berbeda jauh dari yang seharusnya digunakan.

Cara Mengatasi Xiaomi Yang Panas Pada Semua Tipe Xiaomi

Ada beberapa cara mudah mengatasi smartphone yang cepat panas pada hp Xiaomi. Berikut adalah cara termudah untuk mengatasi Xiaomi yang sering panas.

1. Jangan Gunakan HP Saat Charging

Penyebab terjadinya overheating pada ponsel dan tablet yaitu penggunaan xiaomi saat dicharging, padahal hal ini tentu saja tidak baik bagi kelangsungan hp Anda. Sebaiknya, gunakan saat tidak dicharging, jika anda menggunakan android saat di charging, maka hal tersebut akan membuat perangkat ponsel pintar mudah panas.

Overheating biasanya terjadi pada saat kita memainkan game baik game online maupun game offline dalam kodisi charger masih menempel pada ponsel, atau bermain sambil dicas, untuk kegiatan ringan sebenarnya masih diperbolehkan.

Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka akan menyebabkan baterai Android akan membesar dan akan mudah habis, dan suhu ponselpun akan terasa sangat panas. Jadi, jangan menggunakan android anda saat dicharging.

2. Koneksi Tidak Stabil

Perubahan naik dan turunya sinyal juga akan mengakibatkan peningkatan performa pada ponsel anda. Jika sinyal selalu berubah-ubah secara signifikan, maka akan menyebabkan panas berlebih pada ponsel anda. hal ini dikarenakan ponsel akan terus-menerus memperoleh jangkauan sinyal yang stabil.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan koneksi wifi atau menggunakan mifi agar sinyal lebih stabil. Jika hp anda masih tetap saja panas, maka ada faktor lain yang menyebabkan ponsel xiaomi anda panas.

3. Nonaktifkan Notifikasi

Mungkin bagi anda yang gemar bermain sosial media sudah tidak asing dengan banyaknya nofitikasi yang masuk, dan menyebabkan ponsel anda sendiri menjadi terasa berat bahkan panas. Karena nofitikasi berjalan secara otomatis, maka hal tersebut akan menyebabkan ram menjadi penuh dan cpu panas.

Ketika cpu bekerja terus menerus untuk menampilkan notifikasi yang masuk, maka  ponsel akan tetap berjalan walaupun dalam kondisi layar mati atau tidak digunakan sama sekali.

4. Hentikan Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Mirip seperti di atas, dengan banyaknya aplikasi yang berjalan dilatar belakang, maka akan menyebabkan cpu bekerja lebih extra dan hal tersebut tentu akan meningkatkan suhu hp xiaomi anda.

5. Update Versi MIUI

Sekarang beralih ke software, kita tahu bahwa sistem operasi android MIUI sering melakukan update untuk menambah fitur terbaru. Namun terkadang versi miui yang kita gunakan masih banyak terdapat bugs yang menyebabkan pengoperasian yang tidak maksimal dan tidak terkendali.

Bugs tersebut tentu akan membebani kinerja pada ponsel xiaomi anda. Ada baiknya anda selalu update versi miui ke versi yang terbaru untuk menghindari bugs pada versi sebelumnya. Cara tersebut tentu akan meminimalisir terjadinya panas yang berlebih pada hp xiaomi kesayangan anda.

6. Hardware Error

Masalah utama mengapa hp xiaomi anda cepat panas adalah hardware yang error. Kerusakan pada hardware bisa terjadi karena kesalahan pada proses pembuatan atau perancangan. Selain itu hardware error juga bisa disebabkan karena kualitas bahan yang digunakan kurang berkualitas.

Jika permasalahan anda ada disini, berarti sudah saatnya anda menyiapkan dana untuk upgrade ke ponsel yang lebih baik lagi.

7. Istirahatkan Ponsel

Ini semacam jalan terakhir tetapi juga cara termudah dan banyak dilakukan oleh para pengguna ponsel. Uniknya, memang efektif merendam panas ponsel itu sendiri. Caranya ialah dengan mematikan ponsel, lepas casing belakang xiaomi andra dan juga baterai. Tunggu sampai benar – benar dingin barulah rakit kembali.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi HP Cepat Panas & Baterai Boros

Namun, banyak ponsel sekarang yang menggunakan baterai tanam daripada baterai lepas. Untuk menyiasatinya, ponsel Anda cukup dimatikan beberapa saat lalu letakan ponsel Anda diatas lantai. Tunggu beberapa saat hingga dingin. Kemudian, nyalakan kembali smartphone Anda.

Demikian cara termudah mengatasi smartphone xiaomi cepat panas. Jika Ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar, sekian dan terima kasih