Solusi Cara Mengatasi HP Android Sering Mati Sendiri

/ November 29, 2017/ Oleh

Mengatasi HP Android Sering Mati Sendiri – Penggunaan smartphone android tidak terlepas dari error, baik itu dari softwarenya atau dari bagian dalam hardware. Ini wajar karena sebuah produk elektronik memiliki masa tertentu hingga akhirnya beberapa komponennya harus diperbaiki.

Salah satu masalah besar pada hp android anda adalah ketika smartphone itu mati sendiri. Sebagai orang awam tentu anda merasa bingung kenapa hal ini terjadi. Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa hp android dapat melakukan turn off dengan sendirinya. Penyebab utamanya adalah terjadi kerusakan pada kompone hardware atau mesin yang bekerja di dalam smartphone.

Hal itu dapat terjadi karena mungkin suatu hari anda pernah menjatuhkan hp android atau terlempar secara tidak sengaja sehingga smartphone mengalami benturan yang keras. Akibatnya bagian hardware tersebut tergeser atau menjadi tidak berfungsi normal seperti sepula. Atau ini juga bisa terjadi oleh pengaruh aplikasi yang terdapat pada smartphone.

Mengatasi HP Android Sering Mati Sendiri

 

1. Reboot Smartphone

Cara untuk mengatasi hp android sering mati sendiri adalah dengan mematikannya. Kemudian cabut memori, baterai, dan SIM card. Biarkan smartphone dalam keadaan mati selama 10 menit lalu coba pasang kembali dan nyalakan smartphone anda.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Compatible

Ada beberapa alasan aplikasi tidak compatable. Diantaranya sistem operasi yang tidak cocok dengan aplikasi Itu ditandai dengan seringnya aplikasi tertutup sendiri atau crash sehingga aplikasi terkadang tidak bisa dijalankan. Jika terjadi seperti ini segera hapus aplikasi tersebut. Jika anda merasa aplikasi yang akan dihapus itu begitu penting, coba cari aplikasi sejenis atau punya fungsi yang sama yang lebih compatible.

3. Pasang / perbarui Anti Virus

Pasanglah antivirus yang benar-benar anda percayai dapat membersihkkan virus di smartphone anda. Anda juga perlu memperbarui aplikasi antivirus tersebut secara berkala-kala untuk memaksimalkan aplikasi sehingga hp android anda terhindar dari kemungkinan error karena virus.

4. Ganti Memori External

Memori yang sudah lama dipakai disebut-sebut sebagai penyebab dari permsalahan yang selalu menimpa smartphone dengan OS Android. Salah satu permasalahan dengan seringnya smartphone mati dengan sendirinya. Yang mesti anda lakukan adalah dengan mengganti memori external dengan yang baru. Sebelum menggantinya, coba backup seluruh data atau file yang ada didalam ke dalam PC atau laptop.

5. Bersihkan Cache

Cache atau data tersimpan dapat menjadi salah satu penyebab utama hp android anda mati sendiri. Ini karena cache berisi file atau data sementara yang jika tidak hapus akan menumpuk dan akhirnya memenuhi memori anda sehingga terpengaruh pada kondisi smartphone anda yang sering bertingkah aneh atau mati sendiri. Bersihkan cache lewat aplikasi-aplikasi yang banyak disediakan di playstore seperti Clean Master.

6. Perbaiki di Service Center

Jika cara-cara sebelumnya belum berhasil, langkah terbaik untuk mengatasi hp android sering mati sendiri adalah dengan menyerahkan kepada yang benar-benar ahli, yaitu ke teknisi di service center. Mereka lebih tahu penyebab utama yang menimpa hp android. Konsultasikan sejak kapan smartphone anda sering mati dan pihak teknisi akan memeriksa sejauh mana kemungkinan kerusakan yang terjadi hingga menyebabkan hp anda sering mati.

Itulah 5 solusi cara mengatasi hp android sering mati. Bagi anda mungkin ini permasalahan yang menjengkelkan mengingat hp android yang sering mati akan menganggu aktivitas anda selama menggunakan smartphone. Jadi anda memang harus segera mencari tahu penyebab dan solusi ampuh agar smartphone anda cepat pulih kembali. Semoga cara diatas cukup membantu. Semoga bermafaat!