Solusi dan Cara Mengatasi HP Android Terendam / Terkena Air

/ November 3, 2017/ Oleh

Cara Mengatasi dan Memperbaiki HP Android Kena Air – Untuk saat ini, sudah ada beberapa merk smartphone yang memberikan fitur anti-air (water resistant) dalm hardwarenya sehingga dalam keadaan tertentu, HP tidak akan rusak atau error ketika bagiannya terkena air.

Akan tetapi, tidak semua smartphone memiliki fitur canggih tersebut. Hanya jenis smartphone yang terbilang android di kelas high-end saja yang memilikinya. Namun begitu, ketika HP Anda jatuh ke kolam atau ciptaratan hujan tidak perlu panik dulu karena Anda bisa sedikit mensiasatinya dengan melakukan tips mengatasi HP androoid terkena air berikut ini.

Cara Mengatasi HP Android Terkena Air

1. Jangan Nyalakan HP terlebih dahulu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki HP android erkena air adalah dengan tidak menyalakan HP Anda dulu karena akan sangat beresiko jika Anda mengaktifkannya dalam keandaan basah. Sebab bagian dalam HP yang aktif dan bercampur dengan air akan terjadi konslet yang dapat merusak setiap komponen internal smartphone tersebut.

2. Dahulukan bagian LCD

LCD atau layar HP adalah komponen yang paling rentan terhadap air. Maka dari itu Anda harus mengeringkannya dengan tisu atau benda-benda lainnya yang bisa mengeringkan layar. Jika dibiarkan terlalu lama maka layar tersebut akan memunculkan flek hitam.

3. Keluarkan Baterai, SIM Card, dan Memori

Langkah kedua adalah dengan mencabut bagian-bagian yang bisa dilepas seperti baterai, SIM card dan memori Anda. Cara ini dilakukan untuk menghindari kerusakan yang bisa jadi menyebar pada komponen lain. selain itu cara ini memudahkan Anda untuk langsung memperbaiki HP tersebut.

4. Lepas semua Aksesoris

Agar tidak menganggu, sebelum Anda mengeringkan smartphone, cobalah untuk melepas semua aksesoris terbeih dahulu seperti kondom atau gantungan HP. Anda bisa memasangnya kembali ketika HP sudah normal kembali.

5. Segera keringkan

HP yang terkena air harus segera dikeringkan untuk meminimalisir kemungkinan buruk. Ada cara-cara yang bisa Anda lakukan seperti merendam HP pada beras selama 1-2 hari untuk mengurangi kandungan airnya,atau juga bisa  dijemur di terik sinar matahari namun ini tidak saya sarankan karena akan merusak komponen hp anda, selain itu anda juga bisa menggunakan hair dryer (pengering rambut).

6. Lepas komponen HP

Jika Anda cukup ahli, Anda bisa membuka komponen HP hingga bagian dalam dengan melepas setiap baut yang ada. Ini dilakukan untuk memastikan bagian mana saja yang terkena air sehingga Anda bisa langsung mengeringkan bagian-bagian tersebut. Namun Anda harus extra hati-hati karena cara ini cukup beresiko. Tidak Anda tidak cukup ahli, sebaiknya jangan coba gunakan cara ini ya.

7. Bawa ke tempat service

Jika Anda takut hal-hal buruk terjadi pada HP dan Anda merasa tidak punya kemampuna untuk memperbaikinya lebih baik Anda serahkan saja pada teknisi di tempat service. Mereka akan segera memerika smartphone Anda dan mencari tahu kerusakan yang mungkin saja terjadi.

Dengan menyerahkannya pada teknisi, Anda setidaknya akan lebih tenang karena proses perbaikan ditangani oleh orang yang ahli. Dengan begitu kemungkina besar HP anda akan kembali normal. Walaupun dengan cara ini anda memang perlu mengeluarkan sedikit biaya. Tapi ini sebandingkan kan dengan hasilnya.

Itulah 7 cara memperbaiki HP android yang kena air yang bisa terjadi secara tidak sengaja akibat dari kelalaian Anda saat menggunakan smartphone. Agar kejadian ini tidak terulang kembali, sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan ponsel ya agar HP anda bisa berumur panjang. Selamat mencoba!