Tips Membeli Monitor Gaming Terbaik LCD atau LED

Tips Membeli Monitor Gaming Terbaik LCD atau LED
4.2 / (12)

Ada Beberapa Tips Sebelum Anda Membeli Monitor Gaming – Monitor merupakan salah satu hardware penunjang dalam bermain game. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum kamu membeli monitor gaming. Mulai dari Resolusi, ukuran layar, ratio, panel, response time,  sampai refresh rate. Kenapa tidak menggunakan TV ? Alasannya karena TV didesain untuk jarak pandang jauh.

Selain itu ada yang dinamakan kerapatan pixel, dimana pixel pada sebuah layar monitor lebih rapat daripada TV dengan ukuran atau resolusi yang sama. Jika kamu melihat TV & monitor pada jarak yang sama, tentu monitor akan memberikan gambar yang lebih tajam dibandingkan TV. Oleh karena itu, jika kebutuhanmu adalah editing atau gaming, disarankan menggunakan monitor daripada TV. Berikut tips membeli monitor gaming.

1. Resolusi & Ukuran Layar

Monitor memiliki banyak varian resolusi, mulai dari HD (1280p x 720p), Full HD (1920 x 1080p), Quad HD (2560p x 1440p), dan 4K (3840p x 2160p). Semakin tinggi resolusinya, maka semakin tajam gambar yang dihasilkan.

Semakin tinggi resolusinya, maka kamu juga harus menggunakan VGA yang setara agar tidak terjadi stuttering saat bermain game, khususnya pada game yang cukup berat seperti GTA V, Doom, dan lain-lain.

Resolusi yang telah saya sebutkan diatas merupakan resolusi dengan aspect ratio 16:9. Masih ada yang lebih tinggi, yaitu aspect ratio 21:9 yang umumnya dijumpai pada ultrawide monitor.

Keunggulan dari monitor ultrawide ialah saat menonton  video atau film, tidak akan dijumpai black bar sehingga gambar terlihat lebih luas. Selain itu, bermain game dengan menggunakan ultrawide monitor juga dapat memberikan pengalaman gaming yang lebih optimal.

2. Panel & Response Time

Monitor yang umum digunakan sekarang yaitu monitor yang menggunakan TN (Twisted Nematic) panel dan IPS (In Plane Switching) panel yang mempunyai kelebihan & kekurangan masing-masing. Monitor dengan TN panel memiliki harga yang relatif lebih murah dengan response time 1-2 ms.

Kekurangan TN panel ada pada view angel, dimana jika kamu melihat dari sisi kiri / kanan maka layarnya akan terlihat redup. Namun jenis panel ini lebih cocok untuk gaming karena response time yang lebih kecil.

Pada IPS panel, warna yang dihasilkan lebih akurat dan view angle yang lebih luas dibandingkan TN panel. Kekurangannya IPS panel yaitu response timenya yang lebih tinggi (4-5 ms) dan harganya yang sedikit mahal. Monitor dengan IPS panel lebih cocok untuk editor yang membutuhkan akurasi warna yang baik.

3. Response Time

Masih berhubungan dengan jenis panel, response time yaitu seberapa cepat pixel monitor berubah warna dari satu warna ke warna yang lain. Itulah mengapa alasan gamers lebih disarankan menggunakan monitor dengan TN panel yang memiliki response time yang cukup cepat untuk meminimalisir terjadinya ghosting.

4. Refresh Rate

Refresh rate sangat berpengaruh saat bermain game. Singkatnya refresh rate adalah berapa kali sebuah monitor refresh dalam satu detik. Contoh monitor dengan refresh rate 60Hz, maka dalam satu detik monitor tersebut akan refresh sampai 60 kali.

Semakin besar refresh rate maka saat kamu bermain game gambarnya akan lebih smooth atau halus.  Yang jadi masalah jika refresh rate dan fps pada saat bermain game tidak setara maka akan terjadi screen tearing. Maka dari itu ada sebuah fitur adaptive sync, G-Sync untuk Nvidia dan Freesync untuk AMD. Fitur tersebut berfungsi untuk menyetarakan fps dan refresh rate sehingga meminimalisir screen tearing.

Sekian tips yang bisa saya berikan. Semoga dapat membantu buat kamu yang akan membeli monitor gaming. Semoga bermanfaat.